4 September 2023 11:52 am

Mitos atau Fakta? Berikut Penjelasan Karbohidrat dan Kaitannya dengan Kenaikan Berat Badan

Mitos atau Fakta? Berikut Penjelasan Karbohidrat dan Kaitannya dengan Kenaikan Berat Badan
Mitos yang sering beredar adalah bahwa karbohidrat adalah penyebab utama kenaikan berat badan. Namun, apakah hal ini benar? Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan peran karbohidrat dalam diet dan apakah benar bahwa mereka membuat badan menjadi gemuk.
Karbohidrat: Apa Sebenarnya?
Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien esensial, bersama dengan protein dan lemak. Mereka adalah sumber energi utama tubuh yang berperan penting dalam fungsi organ dan aktivitas sehari-hari. Karbohidrat dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti roti, nasi, pasta, buah, dan sayuran.
Mitos yang Salah Kaprah:
1. Karbohidrat Membuat Badan Gemuk

Faktanya, kenaikan berat badan terjadi ketika jumlah total kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar tubuh. Bukan hanya karena konsumsi karbohidrat, jika Anda mengonsumsi karbohidrat dengan bijak dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan energi Anda itu tidak akan membuat gemuk.
2. Semua Karbohidrat Buruk

Tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Karbohidrat kompleks seperti yang terdapat dalam gandum utuh, oatmeal, dan sayuran, mengandung serat dan nutrisi penting. Karbohidrat sederhana seperti gula olahraga, dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan sebaiknya dikonsumsi dengan batas.
3. Diet Rendah Karbohidrat Solusi Terbaik

Diet rendah karbohidrat mungkin efektif dalam jangka pendek, tetapi bukanlah solusi terbaik bagi semua orang. Diet seimbang yang mengandung semua makronutrien dengan porsi yang tepat lebih berkelanjutan dan sehat dalam jangka panjang.
Cara Mengelola Konsumsi Karbohidrat dengan Bijak
1. Pilih Karbohidrat Sehat

Pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, beras merah, dan sayuran untuk asupan serat yang baik.
2. Kontrol Porsi

Perhatikan ukuran porsi karbohidrat Anda. Ini membantu dalam mengatur asupan kalori secara keseluruhan.
3. Padukan dengan Protein dan Lemak Sehat

Mengombinasikan karbohidrat dengan protein dan lemak sehat membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Karbohidrat adalah bagian penting dari diet yang sehat dan tidak secara otomatis membuat badan gemuk. Yang lebih penting adalah menjaga keseimbangan dalam diet secara keseluruhan dan mengelola asupan kalori. Jangan biarkan mitos menghalangi Anda untuk menikmati manfaat karbohidrat yang sehat.


...


Referensi :

Harvard T.H. Chan School of Public Health. (2021). The Nutrition Source: Carbohydrates. Retrieved from: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/carbohydrates/
Mayo Clinic. (2021). Carbohydrates: How carbs fit into a healthy diet. Retrieved from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/carbohydrates/faq-20420014
American Heart Association. (2021). Know Your Fats. Retrieved from: https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/carbohydrates
Cleveland Clinic. (2021). Carbohydrates. Retrieved from: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15430-carbohydrates
Blog Post Lainnya
©- Spencer's Inc. 2023
Hak Cipta Dilindungi